Icuk wrote:

> Karena hal diatas, saya ingin minta pencerahan dari rekan-rekan ITer
> sekalian mengenai:
> 1. apakah ada alternatif aplikasi office lain yang lebih kompatibel dengan
> MS-Office dan performancenya baik selain OpenOffice.org (yang tentunya
> harus jalan di OS Windows) ?

Tidak ada. Bagaimana mungkin suatu format yang proprietary diungguli
oleh software lain yang open standard di dalam medan proprietary
tersebut? Kecuali para programmer Open Office dapat bocoran illegal
tentang source code MS Office, atau para programmer tersebut punya
profesi sampingan pembaca pikiran :D

> 2. adakah cara agar kerumitan di atas tidak terjadi ? maksudnya agar
> dokumen yang dibuat di MS-Office dapat dibuka dan tetap dalam format/layout
> yang sama di OpenOffice.org dan vice versa.
Buang semua Open Officenya dan kumpulkan duit beli license MS Office
sejumlah karyawan.
justifikasinya jelas, anda kudu bertukar data dengan company lain dalam
bentuk MS Office bukan?
Jika kondisinya memang begitu, perlakukanlah itu sebagai "business
cost", it is the price of doing business. Either bayar, atau resiko
dituntut BSA.

Company saya sendiri pakai Star Office dan pengiriman informasi ke
company lain selalu dalam bentuk PDF, karena informasinya hanya read
only, tidak harus di-edit. Buat apa buang buang uang beli software
pengedit kalau kerjaan cuman untuk membaca saja?