Denny Teguh wrote:
> Kemaren pc teman saya di hack dari luar, semua data penting terhapus dan
> saat proses delete-nya terlihat jelas.. hilang satu2. setelah terhapus
> muncul pesan (sepertinya dari si hacker) isinya “jika ingin data kembali,
> silahkan hubungi saya bla..bla…” dengan no telp kode area salah satu kota di
> jawa tengah dg menawarkan anti-nya dan harga.
>

> btw, supaya kejadian sama ngga terulang, sebaiknya bagaimana ya? Ada ngga
> tanda2nya kalau saat itu pc kita sedang “kemasukan tamu tak di undang”?
>
> apakah pc yang sedang di pakai tiba2 lelet sebagai salah satu cirinya?

> [...]
Kalo datanya *dihapus*, kemungkinan besar datanya kembali masih bisa dengan
menggunakan tools-tools
undelete yang bertebaran diinternet. Tapi kalo datanya *dirusak*, kecil
kemungkinan untuk
menyelamatkannya.

Maaf, untuk mencari tools-tools undelete silahkan gunakan google dengan kata
kunci undelete. Banyak
yang freeware kok.

fajr_n