----- Original Message -----
From: "Ferry Setiawan" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 22 January, 2007 9:09 AM
Subject: Re: [ITCENTER] vcd on dvd

> Thanks Pak Wim...
> kalo saya convert dulu apakah size file akan berubah?
> karena kalo berubah (lebih besar) maka dalam satu keping dvd itu tidak
> bisa saya isi beberapa film,maksud saya apakah dvd bisa di isi dengan
> vcd (file berekstensi dat), dan apa player akan mengenalinya serta dapat
> menjalankannya?
>
> Thanks
> Ferry S

Wpy:
Tergantung anda mau convert ke format apa dulu. Klo dari DAT anda
convert ke MPG size file cuma berubah dikit, lebih besar sedikit koq,
cuma beberapa Kb saja. Seperti saran Pak Apriyanto, lebih baik
anda convert ke format MPG saja file DAT tsb, lalu anda gunakan
Nero Express versi 6 atau versi 7, pilih menu Burn DVD-Video Files,
lalu anda add file MPG tsb ke dlm folder VIDEO_TS, lalu nantinya
Nero akan encoding file MPG tsb ke dlm format DVD Video Files
yg bisa disetel di DVD Player. Ingat jangan burn dgn speed yg tinggi,
saya sarankan gunakan speed 4X atau 8X saja.

Saya kemaren sore burn file MPG lagu yg ada di komp rumah saya,
digabung dgn file DAT lagu, trus saya pake Nero untuk create VCD,
lalu Nero otomatis akan melakukan proses encoding terlebih dahulu
terhadap file MPG tsb untuk dijadikan format DAT. Prosesnya
memakan waktu lumayan lama juga, sekitar 30 menitan, maklum
saya memakai komp Pentium 3 dgn memory 256 Mb.

Salam,
Wiempy