--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "syiwabhairawa" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Saya kebetulan juga pernah beli, berhubung waktu itu pakainya Solaris
> 8 laptop. Saya beli direct dari USA. Anda sendiri pakai OS apa yah?
> Kalau pakai Windows, kenapa kagak dicoba pakai USB to Serial saja yang
> lebih common?

==> untuk OS, kebetulan masih pake windows Mas.. dan sebenarnya
permasalahan muncul ketika fujitsu P-Series baru di kantor digunakan
untuk keperluan upload database RTU (Remote Terminal Unit) SCADA.. dan
ketika kami mencoba menggunakan USB to Serial.. RTU tidak dikenali.. dan
dianggap "virtual port".. sehingga proses upload/download database
dari/ke RTU tidak bisa dilakukan.. dan untuk sementara.. kita
menggunakan QUATECH Serial PCMCIA milik temen yang sudah sedikit
gompal.. karena sering digunakan keluar masuk "lubang".. eh slot yang
berbeda-2.. :D Dan untuk beli direct langsung via web.. punten.. koq
kata hati kecil ane berbisik: "jangan deh mas.. atut kalo no. CC ane
diembat ame bule.." :-p atau mungkin ada pencerahan yang lainnya..

Mas Syiwa.. matur Nuwun atas pencerahan dan advise-nya..

Rgds,

~joed~