Sebelumnya terima kasih,

Apakah keadaan listrik PLN yang mati-nyala-mati ini merupakan
kelainan listrik ? Bagaimana kalo saya coba perbaiki instalasi
listriknya ? Apakah mungkin karena ground-nya ? Atau .... ???

Makasih dulu...

wiwit mh
http://embark.to/wiwit

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Henkie Basuki Djayapranata"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Wiwit,
>
> Untuk mengatasi komputer yang menjadi mati kemudian start lagi,
yang berarti data di RAM hilang, karena listrik PLN mati, menyala,
mati, sepertinya tidak bisa diatasi dengan UPS yang berdaya besar,
kecuali dengan mengubah rangkaian power supply komputernya, misalnya
semua jalur power supplynya, dipasangi capacitor reservoir, yang
tentu menyulitkan pemasangan dan penempatannya.
> Atau bisa juga dengan mencari UPS yang delay time nya paling kecil.
>
> Namun, dalam prakteknya, untuk UPS yang sudah lebih dari setahun,
kalau baterenya sudah lemah, bisa terjadi hal seperti ini terjadi,
yaitu komputer mati dan kemudian langsung restart.  Mungkin ini,
yang membuat beberapa rekan mengusulkan agar memilih UPS yang
berdaya besar.  Namun, karena permasalahan pak Wiwit terjadi dengan
UPS nya yang baru dibeli, maka hal ini agak berlainan.

> Untuk UPS yang on line dan sinusoida, yang pernah saya gunakan
belasan tahun lalu, adalah merek PK atau P&K, modelnya US5060.
Sampai sekarang, UPS itu masih saya gunakan, ada 2 unit dan masih
berjalan dengan baik.  Hanya dengan sendirinya, baterenya 12N7 nya
yang untuk setiap unitnya menggunakan 3 batere, sudah diganti
beberapa kali. Yang sekarang bermasalah, hanya fan nya saja sudah
berisik karena umur.

> Salam.

Yahoo! Groups - Join or create groups, clubs, forums &amp; communities. Links