hi smua..
saya ad rencana buat ngembangin voip..
tapi masih blm bgitu ngerti...trutama gambarn topologi-nya...?

saya rencana mnggunakan linux server asterisk untuk PBX-nya..
untuk smentara sambungan jaringan saya tidak menggunakan kabel UTP...n gk ada
sambungan internet...
jadi server asterisk di sambungkan langsung ke bberapa line pesawat telepon
biasa..
apakah itu dapat dilakukan..?ada yg punya pengalamn atau refernsi ttg hal ini..?

nah..yg msih saya bingung...
saya pernah liat2 di internet dan di voiprakyat juga...
ada yg namanya analog interface PCI...ada yg 4 Port..dll..

setelah saya baca2 n bertanya kesana-sini..
4 Port itu...maksudnya...
line yg dapat tersambung dalam waktu yang bersamaan ada sebanyak 4 line..
sedangkan jumlah line pesawat telepon terserah banyaknya brapa...
(kalau salah tlng dibenarkan..)
klo itu benar...berarti sambungn bisa lebih dari 4 line telepon ya...
nah alat untuk percabangan sambungan k line2 telepon itu apa ya...?

thx b4...
sawal_xp