Selamat Pagi Pak Aldo Desatura.
Salam kenal Pak Aldo.
Saya Santo Soetarmin S.Kom.

Kejadian ini seperti yang menimpa server (berfungsi hanya sebagai
gateway internet) dikantor saya,
Pertama normal, kemudian koneksi internet terputus, setelah direstart
normal kembali.
Beberapa saat kemudian error lagi(koneksi internet).
Dari analisa sementara saya adalah pada saat client konek internet
melaui gateway, pada client melalukan remote access ke server.
Ini alasan mengapa tiba - tiba koneksi internet error, tetapi hardware
dan sistem normal.
Salah satu caranya adalah dengan mendisable remote access / remote
assitance pada klien dan menutup panggilan remote pada server.
Dan satu lagi yang paling penting, tambahkan antivirus, antispyware atau
sejenisnya, jangan lupa pakai firewall.
Kalau bisa update, Windows agar selalu up to date.
Terakhir jangan lupa kaasih password Adminitrator(user account default
pada Windows), password harus kuat (Kombinasi huruf, angka, dan karakter
lain(@$%$(%U$())),
#################################################################################
Bahan pertimbangan pemilihan software anti xxxxxxxx:
Antivirus: AVG baik, selain free bisa update
Antispyware: Dari AVG juga, limited, tapi lumayan bisa pake juga sekitar
1 bulan kurang.
Firewall:  Paling aman menurut saya adalah ZoneAlarm.  (Saking amannya
kadang banyak yang kena blok)

Semoga ini dapat membantu.

BRgds,
Santo S S.Kom