Rekan-rekan,

Barangkali ada yang tahu, bagaimana cara menyelesaikan masalah TV TUNER PCI
saya, merek FastCom, yang bermasalah di OS Windows XP.  Dulu saat dipasang di
Windows 98, tidak bermasalah.

Setelah OS diganti menjadi Windows XP, saat dijalankan, selalu gambar tampil
dengan Video Standard NTSC_M, sehingga gambar hancur bergaris-garis.  Kalau
masuk ke menu Video Setup dan Display, maka kalau Video Standarnya diganti
menjadi PAL G, maka gambar normal dan berwarna, namun gambar menjadi lebih
besar dari standar nya, sehingga logo stasiun TV seperti RCTI, SCTV, TPI nya
menjadi hilang.
Kemudian, kalau fungsinya diganti ke radio FM (jadi tidak berfungsi di OS
Windows XP), kemudian kembali ke fungsi TV, maka gambar tidak ada, karena saat
ini, penerimaannya di Cable.  Kalau di ganti ke Antena, maka gambar menjadi
normal.

Kalau saya keluar dari program ini dan masuk lagi, selama tidak mematikan
komputer, maka gambar akan tampil dengan sempurna (sepertinya data settingnya
tersimpan di RAM).  Namun, kalau saya matikan komputer, menyalakan kembali dan
menjalankan program TV tersebut, maka gambarnya akan hancur lagi dan untuk
mendapatkan gambar normal, prosedur di atas harus di ulangi.

Saya sudah coba cari driver untuk produk ini, antara lain untuk FastCom, Item
TV dan alpha data, tetap tidak bisa menyelesaikannya.

Ada yang bisa menolong, agar TV Tuner saya bisa langsung tampil normal ?

Salam.