KITA SBG ORANG IT HRS MENDUKUNG UU INI, SUPAYA KITA TIDAK DISAMAKAN
DGN TUKANG KETIK. DLM KASUS INI ORANG IT HANYA MENJADI SAKSI, YG
DIANGGAP SEBAGAI PELAKU UTAMA ADALAH BIGBOOS PERUSAHAAN !!!! MERDEKA !

UU No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta

Psl 27 (cracking terhadap Kode Key Software)
ƒÞ      Kecuali atas izin Pencipta, sarana kontrol teknologi sebagai
pengaman hak Pencipta tidak diperbolehkan dirusak, ditiadakan, /
dibuat tidak berfungsi.

Penjelasan :
ƒÞ      sarana kontrol teknologi : instrumen teknologi dalam bentuk
antara lain kode rahasia, password, bar code, serial number,
teknologi deskripsi & enkripsi yang digunakan untuk melindungi
ciptaan.
ƒÞ      Semua tindakan yang dianggap pelanggaran hukum meliputi :
memproduksi atau mengimpor, atau menyewakan peralatan apapun yang
dirancang khusus untuk meniadakan sarana kontrol teknologi atau untuk
mencegah, membatasi perbanyakan dari suatu ciptaan.

Psl 72
(3)     Barangsiapa dengan sengaja & tanpa hak memperbanyak
penggunaan untuk kepentingan komersial suatu Program Komputer
dipenjara max 5  tahun &/atau denda paling banyak Rp 500 JT.

PENJELASAN AYT (3)

ƒÞ      memperbanyak penggunaan  :  menggandakan, / menyalin Program
Komputer dalam bentuk kode sumber (source code) / program aplikasinya.
ƒÞ      kode sumber  :  sebuah arsip (file) program yang berisi
pernyataan-2 (statements) pemrograman, kode-2 instruksi/perintah,
fungsi, prosedur & objek yang dibuat oleh seorang pemrogram
(programmer).

ƒÞ      Misalnya: A membeli Program Komputer dengan hak lisensi untuk
digunakan pd 1 unit komputer, / B mengadakan perjanjian Lisensi untuk
penggunaan aplikasi Program Komputer pd 10 unit komputer. Apabila A /
B menggandakan / menyalin aplikasi Program Komputer di atas untuk lbh
dari yang tlh ditentukan / diperjanjikan, tindakan itu mrpk
pelanggaran, kec untuk arsip.

(8)     Barangsiapa dengan sengaja & tanpa hak melanggar Psl 27
dipenjara max 2  tahun & /atau denda paling banyak Rp 150 JT.