Aris Harmoko wrote:
> Untuk rekan-rekan IT Center...
>
> Saya mo tanya tentang daya tahan monitor CRT dan LCD. Mana yang lebih kuat
> / tahan lama? tentunya diasumsikan pemakaiannya normal.
>
> Mungkin ada di antara rekan2 yang sudah menggunakan monitor LCD selama
> bertahun-tahun tanpa rusak/bermasalah?
Begini, monitor CRT itu lama kelamaan akan punya cacat :
a. 3 beam tidak convergent ke satu titik
b. layar tidak cemerlang karena jenuh dengan listrik static
c. komponen jalur sinyal analog menambahkan noise dan ripple karena lama
kelamaan rusak karena panas dan debu.

Nah pada monitor mahal, hal tersebut diatasi dengan :
a. ada setting untuk calibrate convergence
b. ada de-gauss
c. penggunaan komponen kualitas tinggi yg lebih tahan lama

Oleh karena itu kalo adu kuat antara CRT murah dengan LCD, biasanya
memang LCD, mereka punya MTBF lebih tinggi.
Tapi kalo antara CRT high-end dengan LCD, ini susah.

Tapi buat saya, yg bukan gamers, dan bukan graphics designer atau
semacamnya, yang menggunakan komputer sebagai alat display text biasa,
akan selalu memilih LCD dgn alasan :
a. ringan
b. save space
c. save energy
d. tidak perlu setup refresh rate, cukup setup resolusi, ini mengenakkan
kalo kita pakai KVM, soalnya saya punya 4 komputer yg displaynya beda
beda. Repot kudu setup Xserver dan Windows display geser sana sini :(