Arry Rahmawan wrote:
> Assalamualaikum rekan2..
> Saya memiliki file OS Mandriva Linux 2007.1 yg ada dalam DVD..Nah, saya ingin
> mengcopy DVD tsb ke dalam CD(karena saya ga punya DVD rom), kira2 software
> gratis
> apa ya yg dibutuhkan untuk "memecah file" dari DVD shgg bs ditampung d
> CD?Soalny saya ingin pakai distro itu. Mohon bimbingan tman2 smua..
> Wassalam

saya gak pernah pakai Mandriva 2007, jadi tidak akan membuat komentar
spesific soal distro ini. Tapi pada umumnya distro yang sudah dipackage
dalam bentuk DVD, tidak bisa di-break-up jadi multiple part dan berharap
software installernya jadi tidak bingung atau error karena merasa ada
missing packet.
Lain dengan distro yang walaupun dikemas dalam bentuk DVD, tapi ada
bentuk multi CD. Installernya tahu dari package list bahwa packane anu
ada di CD yg mana dan dengan sabar menunggu untuk reload. Jadi lebih
baik lupakan saja ide ini. Kecuali anda memang sudah jago bermain
installer dan package management.

Saran saya buat anda :
1. beli DVD ROM, harga sudah murah, kecuali anda pakai laptop.
2. belajar network install, pakai FTP ataupun HTTP. Load ISO images itu
ke dalam mesin lain, kemudian dari target system, boot miniroot pakai
floppy disk, CD, ataupun USB disk.
3. belajar barebone install pakai PXE Boot.

Saya sendiri di lab saya invest satu mesin kecil dengan HD besar, isinya
bermacam ISO image Linux, xBSD, dan Solaris x86 version. Hari ini kudu
install test server yg mana dengan OS yg mana, tinggal configure
JumpStart/KickStart/AllStart mesin mana yang saya mau.