Pengalaman saya Pak, mending pake wireless modem VT-10 buatan "Venus",
tanpa perlu kabel data lagi tinggal colok ke usb port. Cuma kelemahannya
nga bisa pake telpon kecuali via PC/laptop. Harga kisaran Rp. 250 rb.

________________________________

From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On
Behalf Of The_Eye_In_The_Sky
Sent: 30 April 2007 1:54
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: Re: [ITCENTER] Modem HP CDMA

Arry Rahmawan wrote:
> Saya berencana mau pk HP CDMA u/ koneksi internet, pk fren(kt tmn2
murah), kira2 HP ap y yang murah meriah(merk n tipe), dan kualitasny
bgs?Sy cuma butuh hp it
> sbg modem,tmn2 ad yg pnah pk?Mungkn bs share dan bagi pengalaman..Kl
bisa yg support d linux
> Budget: <=500.000(dpt ga y?)
Nokia 2116, Rp 450 ribu.
Kabel "aspal" DKU-5 Rp 50-75 ribu. Support di Linux karena si Nokia ini
jadi Hayes AT-compliant modem biasa.
Justru kabel aspalnya ini yg susah. Karena bermacam macam dari China,
masing masing pakai chipset berbeda.
Paling manjur yg pakai Prolific. Sambil monitor "tail -f
/var/log/messages" check apakah kabel tersebut terdeteksi dan menjadi
/dev/ttyUSBx atau menjadi /dev/ttyACMx ketika dicolokkan. Habis itu
tinggal softlink /dev/modem ke situ dan setup wvdial atau any PPP dialer

you want ke /dev/modem ini.