On 4/30/07, A r y a S e t a <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Yup... kebutuhan saya hampir sama dengan yang Pak Ryo sebutin, tapi
> ditambah jika kita bikin movie... ada suaranya.. soalnya dulu pernah
> beli kamera bisa buat movie tapi movie nya bisu :(

kamera fuji yang saya sebutkan itu bisa capture movie format 640x480
30 fps, lengkap dengan suara.

> Kebetulan saya ditawari :
> Samsung S800 8 Mpixels, 3x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 20MB SD/MMC
> Card Slot, 2.4" LCD, Movie, 4cm , Macro, PictBridge, Movie Stabilizer,
> 2x AA Battery Rp 1.585.000. bila pakai 1 giga menjadi Rp. 1.695.000
>
> Gmn pendapatnya?

ini pendapat pribadi yang subjektif: kalau niatnya mengambil gambar
yang hasilnya bagus, saya tidak percaya pada samsung. dari pencarian
review-nya, di cnet cuma dapet skor rendah, walaupun user opinion
memberikan nilai 8 - 9.

lalu, megapixel bukan segalanya. apalagi kalau ditawarkan 8 Mpix
dengan harga < 2 juta.
yang lebih menarik itu adalah rasio antara megapixel dengan luas
sensor. makin kecil rasio-nya, makin bagus kualitas gambarnya. luas
sensor untuk kamera fuji F10-F31 itu termasuk paling besar di
kelasnya.

lalu, kalau masih pakai batere AA, berarti anda masih harus invest ke
batere rechargable + chargernya, kecuali kalau anda sudah punya. ini
bisa jadi biaya tersembunyi.

faktor yang menarik dari samsung ini adalah harga murah, jenis memori
yang dipakai (SD/MMC), dan kemampuan merekam movie dalam format MP4
(walaupun di amazon ada yang bilang ngerekam baru 30 detik kamera
sudah shutdown, dan ada juga yang bilang video audio nggak sync). saya
sendiri pengalaman dengan handycam samsung, white balance-nya ngaco,
warna merah menjadi keunguan.

apapun pilihan anda, itu adalah keputusan anda sendiri (mau hasil
bagus/jelek, mau dapet yang asal murah atau tidak, etc).

--
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com
maxgain scams, http://maxgain.wordpress.com