Jgn esmosi dong & bukan nggak konsisten Om,  Undang2 tuh berlakunya relatif
artinya tidak tiba2 berlaku disuatu tempat dan disuatu waktu. Makanya saya
katakan kalau mau lebih detail via japri, sebab penafsirannya bisa membuat
perdebatan (para pakar hukum aja saling berdebat, biasa toh) apalagi kl hukum
tsb di Indonesia & bersinggungan dgn Politik (contoh deh ...MOU Indonesia dgn
Microsoft kok diperdebatkan para pakar?). Yg pasti cuma hukum Tuhan.
UU Hak Cipta (yg hrs kita dukung), tidak berdiri sendiri, banyak aturan2 lain
yg saling bersinergi supaya berlaku terhadap suatu hal (dlm hal ini Software),
diantaranya MOU Bilateral antara Negara kita dgn Negara yg memproduksi Software
tsb karena bagaimanapun negara kita berkompeten (yaitu pajak, PPN dll). Nah,
terhadap software yg merupakan produk dr negara yg tdk ada hubungan diplomatik
/ atau tdk ada MOU, tidak dilindungi oleh UU kita (itu prinsip umum suatu hukum
nasional / internasional) apalagi kita masih belum punya UU Cyber-Law yg
mengatur kejahatan digital lintas negara.
Secara subyektif, saya adalah rakyat Indonesia yg cukup mengerti situasi
politik-perekonomian negeri kita yg "BERAT", maka harus selektif dalam
"BERBELANJA SOFTWARE", yang tdk perlu jgn dibeli (selama ini krn dapatnya
gratis, semua di install padahal nggak bisa make khan? kadang2 yg nggak perlu
komputer juga ikut2an beli, buat nampang ...seperti kehebohan beberapa waktu
lalu ketika kaum elite kita mau nge_Top ala Mas Tukul).
Jadi softwarepun hanya dibeli yg sesuai kebutuhan, contoh Sekretaris ya cukup
OS dan Office standard; bagian Design ya cukup beli OS & 3 D Max, yg mau liat
hasil gambarnya saja cukup beli Autodesk LT.
Ya...kalo penjelasan ini masih belum memuaskan .... sebagai manusia yg tdk
luput dr keliru, saya minta maaf (he..he...ngomong2 baru kali ini saya nulis
email sepanjang ini ...suwer deh !).