Selamat pagi Pak Arry Rahmawan.
Salam kenal Pak Arry Rahmawan. Saya Santo Soetarmin S.Kom, bekerja
sebagai EDP / IT disebuah perusahaan swasta.

Saya akan coba menjelaskan menurut pengetahuan saya.
Virus adalah sebuah program yang menyerang program atau file.  Seperti
namanya virus memiliki sifat menempel pada korbannya.
Contoh virus file jaman DOS virus keypress, compback dll.
Ada jenis penyerangan lain dari virus, yaitu Boot Sector seperti
misalnya michalangelo(ejaan lupa) dll virus jenis ini menyerang boot
sector disket dan harddisk.  Routine yang dipakai adalah untuk
menempelkan diri pada disk(boot sector).
Ada juga terdapat virus yang menyerang komputer dan tetap residen
dimemory.  Jenis ini seperti DieHard pada zaman dos, Sayha Watpu dll.
Umumnya virus jaman dos bisa menyerang file, memory, bootsector
sekaligus, yang termasuk jenis ini kalau ngak salah compback.
Pertanyaannya kenapa pada jaman Windows sekarang jarang ada virus
seperti jaman dos?
Jawabannya: Virus jaman dos menyerang file dengan memanfaatkan struktur
file jenis *.COM, *.EXE, *.OVR, *.OVL dll.

Worm adalah jenis program yang menduplikasikan dirinya kedalam
folder2(salah satu ciri). Dan biasanya bahasa pemrograman
berbasis vb script.  Contohnya: Worm Pendekar.(Baru kena kemarin,
katanya sih worm Pendekar Virusnya Anti Virus) Salam kenal buat yang
ngebuat worm Pendekar)

Trojan adalah program yang bukan virus, ataupun wormm, tetapi
diindikasikan dapat melakukan routine tanpa diketahui user.
Misalnya pada saat download program n ada crack nya, hati2 crack
tersebut bisa saja Trojan Horse(Kuda Troya).
Contoh: Banyak.

Spyware adalah sejenis cookies  yang datang pada browsing, tetapi ada
juga yang aplikasi. Jenis ini ngak terlalu berbahaya terhadap perusakan,
tetapi bisa menyebabkan pencurian data. Contoh: sering aja browsing
kesitus ngak jelas(.....)

Untuk Adware ada yang bisa jelasin, sebab belum update pengetahuannya.
Lagi agak sibuk semenjak kerja.
Andai ada sharing yang salah atau kurang jelas mohon maaf, sebab
pengetahuan ini jarang update.
Dulu sering, malah ingin belajar buat virus hahahahahahahhaha. N semoga
ini bermanfaat.

Perbedaanya:

Virus         Menyerang file, boot sector, memory
Menempel pada korban
Worm        Menyerang file, sering aktif diwindows process      Jarang
menempel pada korban(Terkadang kamuflase seperti folder)
Trojan         Menyerang sistem, membuka saluran OS               Bisa
melakukan perusakan.
Spyware      Mencari tahu informasi
      Tidak menyerang OS dan file(dalam arti karakteristik virus / Tr0jan)

Best Regards,
Santo S S.Kom