On 5/10/07, slashdotfx <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> menurut saya bisa, karena konfigurasi dari squid bisa diarahkan untuk itu,
> anda tinggal konfigurasikan instance dari squid pertama untuk
> mengambil file konfigurasi instance pertama, dan instance squid
> berikutnya mengambil konfigurasi yang lainnya, dengan asumsi anda
> juga mengkonfigurasikan listening interface/port dan cache dari masih
> masing squid di tempat yang berbeda.

iya, sudah ada juga yang menjawab hal di atas di milis lain.

> dengan pendekatan yang berbeda, dulu saya pernah melakukan penggabungan 2
> link yang berbeda (tetapi squid nya di beda mesin),
> menggunakan WPAD proxy load-balance script.
>
> super proxy script
> http://naragw.sharp.co.jp/sps/
>
> script diatas scalable untuk berapapun jumlah squid proxy yang anda punya.

wehehe, baru tahu yang pake cara hashing URL seperti ini.

> IMHO, di LARTC (lartc.org) kalau anda menggunakan linux, ada caranya,
> atau http://www.netlife.co.za/content/view/12/34/

ada juga yang memberikan link ini:

http://www.samag.com/documents/s=1824/sam0201h/0201h.htm

> saya pribadi belum pernah mencoba pen, tetapi di layer 2, anda bisa
> melakukan policy-based routing untuk protokol2 tertentu (seperti ftp dan
> https,
> yang mempunyai strict-checking terhadap incoming address, dan apabila
> terjadi perpindahan outgoing IP dari sisi anda ke mereka, ini akan menjadi
> masalah), semisal untuk link https, anda gunakan static outgoing address.
>
> http://www.netlife.co.za/content/view/47/34/

setelah man pen, tampaknya memang dia tidak pakai teknik round robin kok.

       The  load  balancing  algorithm  keeps track of clients and will try to
       send them back to the server they visited the last time. The client ta‐
       ble  has a number of slots (default 2048, settable through command-line
       arguments). When the table is full, the least recently used one will be
       thrown out to make room for the new one.

       This  is  superior  to  a  simple  round-robin algorithm, which sends a
       client that connects repeatedly to different servers. Doing  so  breaks
       applications  that  maintain  state  between connections in the server,
       including most modern web applications.

yang bikin saya heran, kenapa kalau saya nanya begini yang jawab
begitu banyak (termasuk yang nggak nyambung), tapi ketika ada yang
menanyakan hal yang mirip 3 mei yang lalu, sedikit sekali yang
menjawab:

Dear all,
Mo tanya nich, ada yang punya informasi ngga untuk alat yang bisa
menyatukan 2 atau 3 koneksi internet menjadi 1.
Kayak 3 modem dijadikan 1, kemudian di bagi ke client.
Modemnya bisa dial-up/CDMA/GSM, soalnya di kalimantan fasilitasnya
sangat terbatas.

Terima kasih

Budi

--