Salam Rekan2 ITCenter's,

Begini, bos saya meminta saya untuk membuat "secured Internet Area",
sebagai tempat untuk data2 rahasia kantor yang hanya dan hanya bisa
diakses oleh orang2 tertentu yang lokasinya beragam (meliputi dari
luar negeri).

Saya kira, membuat jaringan vpn akan dapat memfasilitasi kebutuhan
tersebut.

Yang ingin saya tanyakan,
1. Ada tidak cara lain yang dapat memfasilitasi kebutuhan itu yang
mungkin pertimbangannya ialah konfigurasi yang lebih mudah, tempat
yang lebih aman, dan biaya yang lebih rendah.

2. kalau memang vpn itu cukup, kami sudah membeli alat yang namanya
Multi homing Internet gateway, MH1000 dari Planet (produksi Taiwan)
yang katanya dapat digunakan untuk vpn. Saya sudah mencari tahu cara2
untuk menset vpn (server dan klien), tetapi sayangnya masih belum
berhasil. Kira2 ada gak dari para ITs yang berkenan berbagi informasi
sebagai pencerahan konfigurasi vpn.

Terimakasih dan salam,
Aji Prabowo