Rekan 2 IT saat ini saya mengalami masalah dengan switch hub 3 com
superstackII.
Pada saat dihidupkan setelah power self test power led switch hub
tersebut nyala kuning, semua led port nyala khusus untuk led port 13
blinking.
Pada buku manual-nya disebutkan bahwa bila pada saat power self test
power led nyala kuning berarti unit tersebut mempunyai masalah dan anda
harus menghubungi supplier.
Karena umur switch tersebut sudah hampir 10 tahun maka suppliernya juga
sudah tidak ketahuan lagi.
Sebenarnya kalau pada switch tersebut tidak ada slot untuk fiber optik
mungkin tinggal ganti dengan yang baru, tapi saat ini sepertinya sudah
jarang dijual switch yang ada tambahan untuk fiber optik khususnya di
Surabaya.
Jadi mohon pada rekan2 sekalian barang kali ada saran untuk saya
bagaimana cara memperbaiki switch tersebut, atau mungkin kalau perlu
diganti dimana saya bisa dapatkan switch yang ada slot untuk fiber optic
di Surabaya yang harganya tidak terlalu mahal atau ada solusi yang lain
lagi.
Atas info yang diberikan terima kasih.

Salam
Arief Waskito