A r y a S e t a wrote:
> Iya... maksudnya kondisi skrg setiap komp punya data 20GB (misal) apa
> sync ndak keberatan harus mersync 20GB x 50 :) ?
>
> Jadi, baiknya tetep pake sync, apa backup manual dulu?

Ya langsung sync aja, cuman jangan 50 client barengan, bikin 5 client
dulu setip saat. sync yng berat kan cuman pada saat pertama, karena kudu
mindahin 20GB x 5 itu. sync yg kemudian kan hanya akan melakukan delta
update, apa yang berubah saja. Jarang ada aplikasi office dan volume
pekerjaan yg mengubah data lebih dari 1GB/person/day. Kalo sudah pada
level delta updata, mau 50 client barengan, mungkin saja sanggup.

> Maaf, saya kurang teliti baca "jadi walau source dihapus, target tidak",
> saya kira source di HD user jadi terhapus...

Anda juga bisa extreme, total sync. Source dihapus, target terhapus.
Bahkan target dihapus, source juga terhapus. Tapi kan ini bukan yg anda
mau. Mau anda kan "archival".

> Ok.... lunch time... saya rasa cukup klo hanya 25 MB per user

Iya, itu cukup kecil. Kurang dari 1 menit.
> Nah ini dia, saya penah ngajuin SOP "made in" saya sendiri, sampe skrg
> blom di approve...
> mungkin karena SOP nya ndak terstruktur, klo punya contoh SOP, boleh
> dong bagi2...

SOP yg saya punya adalah untuk kelas data centre, Managed Operation dan
Managed Services, bukan untuk User Support seperti anda. Dan yg jelas
commercial in confidence =)
Tapi saran saya, kalo anda pernah jalankan P2P software macam eMule,
eDonkey dan search ITIL atau COBIT, akan anda lihat banyak sekali
dokumentasi soal ini dari berbagai macam bidang IT, bisa sampai ber-GB.
Saya tidak menganjurkan pembajakan ataupun copyright infringement yah,
saya hanya memberi tahu kalo informasi macam itu ada banyak sekali di
Internet. Masalah itu free, bayar, atau membajak, itu urusan antara anda
dengan penyedia material ;-)
> Hahaha... iya sih emang tidak ada kewajiban secara tertulis (SOP) tapi
> tanggung jawab moril aja... ditambah jika ada user yg komp nya rusak dan
> dia butuh datanya, saya juga yg repot... hehehe, jadi mending saya mo
> akalin dengan "membackup", yg cara yg pas nya sedang saya tanyakan di
> thread ini.

Anda kerjaannya support yah? Kalo iya, apakah anda membuat record atas
aktivitas anda? Activity record ini bisa jadi senjata anda :
a. untuk menghitung kesibukan anda dan bukti anda bekerja. Bahaya dari
support adalah kalau desain systemnya terlalu baik, tidak ada problem.
Jadi kelihatannya dari user biasa, orang support cuman nyantai. Padahal
orang supportnya pinter, doing good design dan preventive maintenance,
bukannya sibuk fire fighting which is costly, time consuming and expensive.
b. mempelajari common problem di environment anda. Jadi kalo ada anak
buah, suruh mereka siapkan diri di bagian ini, atau sekalian di-otomasi.
Sehingga anda tinggal ongkang ongkang kaki belajar yg lain atau doing
something yg lebih menantang.
c. bisa jadi referensi ke management, sebagai bukti "if you do not
do/purchase this, this bad thing is happening". Catat lengkap dengan
resolution time dan kerugian yg dialami (waktu, uang, priduktivitas,
data hilang etc).

Pegang prinsip "if it is not written, it is not happened"