-'' InBoX ''- wrote:
> Nah itu dia Pak ..., saya sendiri bingung ..
> Apa beda ADSL dg ROUTER ? ...
> Saya memiliki MODEM ADSL .., lalu knp Ada sebutan kalau itu Router ? ..
> Lalu fungsi Router itu sebenarnya /u apa ? Mengingat port disitu hanya Ada 1
> (kebetulan milik saya)
> Namun Ada bbrp pengertian kl ROUTER itu berfungsi untuk menyatukan 2 buah
> jaringan dg SubNet Berbeda ? ..
> Lalu apakah Router itu berupa ADSL MODEM itu sendiri ? ...

Alat yg anda punya itu sebetulnya 2 fungsi yg berbeda dijadikan satu.
Dalam satu kotak itu ada ADSL modem dan NAT Router.
Sisi yg menghadap ke telepon itu adalah ADSL modemnya. Sedangkan sisi
yang menghadap ke komputer anda adalah NAT Routernya.
Jadi singkatnya device yg anda punya adalah ADSL modem cum NAT Router.

ADSL modem biasa, biasanya beroperasi di bridged mode, dimana komputer
yg terkoneksi akan menjadi perpanjangan LAN dari ISP penyedia jasa
koneksi. IP Address komputer (yg melakukan dialing PPPoE) akan berada
dalam satu IP Address range yang sama dengan yg disediakan ISP.

Dengan adanya NAT Router, anda bisa menggunakan IP Address Range semau
anda untuk jaringan komputer anda, dan juga anda bisa membagi bagi
koneksi tersebut ke banyak komputer, karena salah satu fungsi NAT adalah
membuat banyak IP Address (dalam jaringan anda) seolah cuman satu (di
sisi ISP).

ADSL modem cum NAT Router, akan mempunyai PPPoE di dalam device tersebut
sendiri, karena bridged mode hanya bisa dilakukan diantara bagian ADSL
modem dengan NAT Routernya.