Acho wrote:
> Di laptop ini ngga ada instalasi linux mas, tapi kalo diliat di device
> manager windows sepertinya VIA IEEE 1394 Bus host controllers. Cuma saya
> udah googling dengan keyword VIA IEEE 1394 Driver, tapi dapetnya driver
> untuk mainboard2 VIA yg ada firewirenya.

Seingat saya, sorry ini udah 3-4 tahun lalu, waktu saya punya PCMCIA
Firewire, saya colokkan begitu saja di Win XP, langsung terdeteksi tanpa
driver. Karena memang Win XP sudah punya OHCI driver untuk VIA, TI,
RICOH dan NEC. Coba aja Google, informasti itu bisa ditemukan. Kebetulan
card saya sudah tertimbun di gudang jadi repot untuk mengetest-nya. Saya
barusan SMS teman saya yang dulu saya belikan card ini juga, dan masih
demen main video editing, beliau confirm kalau tinggal colok tanpa
driver. Dan memang pada waktu beli cuman dapat 1 CD, isinya uLead video
editing.

Untuk kasus anda kok unik yah, sudah coba cross test dengan pasang di
laptop lain? Berharap mungkin ada problem di Windowsnya sendiri.
BTW, Win XP SP2 punya bug di Firewire. By default dia lari ke speed S100
instead of S400. Tapi ya ini masalah throughput, bukan hardware
detection yg anda alami.