Tara reng wrote:
> Rekan2,
> Saya ada server HP Proliant ML370 dengan 3 harddisk 72GB masing2. Install
> Winnt sudah dengan RAID 5 dan dibagi 2 partisi. Sekarang mo nambah kapasitas
> nih, harddisk yg sama tinggal 1 unit, bisa gak pasang dengan kapasitas yg
> berbeda misallnya 146 GB tanpa mengubah apapun RAIDnya atau softwarenya?
Dulu sempat baca baca manual SmartArray sih dia punya feature untuk grow
RAID volume. Silahkan RTFM sendiri biar lebih yakin
Tapi kalo NTFS di Win NT bisa di-grow atau tidak, saya ndak tahu, ndak
punya Win NT.

Jadi 2 hal ini berbeda, satu ada di level hardware RAID, satu lagi di
level file system. Tapi mungkin kalo mau cara mudah, grow RAID 5
volumenya, kemudian free space yg terbentuk dibikin partisi baru saja.
Kalo ini mah mudah.

Sedangkan kalau anda memasukkan HD beda ukuran ke dalam cluster disk yg
beda ukuran, kalau RAID 5 dia akan dipakai dengan ukuran terkecil. Jadi
HD 146GB anda akan punya wasted space setengahnya.