Apakah Tampilan Error nya, seperti Blue screen (layar biru dengan tulisan
putih bla bla bla....)
Jika Ya berarti ada salah satu dari memory (RAM) anda Rusak/akan rusak
Jika bukan lakukan langkah-langkah trouble shoot ini

STEP 1
Apakah baru saja mengganti /menambah hardware ? (memory, power supply, CDRW
misalnya?)
Jika Ya, coba kembalikan ke keadaan semula (lepaskan/kembalikan komponen
sebelumnya)
Jika Tidak lanjutkan ke STEP 2

STEP 2
Apakah sudah memeriksa Suhu dari mainboard dan processor ??
Jika belum, coba periksa dengan masuk ke bios dan pilih Power management,
dan coba periksa
berapa suhu processor ??
Jika < 56 derajat, berarti masih normal lanjutkan STEP 3
JIka > 60 derajat berarti processor kepanasan, dan periksa kecepatan dari
kipas processor
jika >3000 - 5000 RPM berarti normal, jika dibawah 3000 atau hanya 1500an
berrti Fan bermasalah
Lakukan pembersihan pada Heatsink dan FAN (Mungkin penuh dengan Debu)

STEP 3
apakah bisa masuk Safe Mode ?
Jika Ya lanjutkan ke Step 4
Jika Tidak  Lakukan Repair atau Install Ulang Windows Anda

STEP 4
Apakah anda baru saja menginstal Aplikasi baru ??
Jika YA, Jalankan prosedur Windows Restore
Jika Tidak lakukan Repair instalasi windows

Proses Restoring dilakukan dengan cara masuk ke safe mode dan pilih NO, lalu
pilih tanggal yang anda yakin pada hari itu komputer anda masih bekerja
dengan normal

Proses Rapair membutuhkan CD Instalasi WindowsXP, biasanya repair tidak
mempengaruhi kebanyakan program yang telah terinstall, maupun user settings,
mungkin yang terjadi ada beberapa software yang mengenali nama mesin seperti
AVG, yang akan meminta user untuk mengaktivasi  ulang (bisa di perbaiki
dengan meng uninstall, dan Install ulang pprogram)