On Saturday 02 June 2007 11:53, jemmy novy wrote:
> * Kenapa saya tidak bisa mounting ke hardisk saya yang lain. Sebagai info
> saya ada 2 hardisk ( 1 hardisk 2 partisi) salah satu hardisknya sdh diisi
> Open Suse. Tapi pas Sukses install Open Suse ko ga bisa mount ke isi
> hardisk saya yang lain. Yang lain isinya ada windows dan data.

Pertama tama, bikin satu direktori kosong, yang akan kita gunakan untuk
me-mount partisi tersebut.

Lalu masuk ke yast (tombol menu/start) --> System --> YaST.
Dari situ pilih system --> partitioner
Klik partisi yang mau di-mount, pilih "edit", lalu set mount-pointnya ke
direktori yang sudah kita bikin.

Nah, sekarang partisi tersebut bisa diakses dengan masuk /browse ke direktory
yang sudah kita set tadi.

Catatan: Andaikan waktu instal dibiarkan semua defaultnya, maka si windows
biasanya sudah otomatis ter-deteksi dan di-mount otomatis sama si
installer-nya openSUSE.

> * Bagaimana caranya menjalankan Wine di OPen Suse

langsung klik file .exe yang mau dijalankan. Nanti wine-nya jalan sendiri.

> * Kalau mau mendampingkan Open Suse dan U Buntu kira2 size hardisk minimal
> yg dibutuhkan berapa? 10 Gb cukup gak?

Suka suka.
Kalau selama ini pake windows sudah puas dengan 10 GB, maka umumnya kita juga
sudah puas dengan partisi 10 GB per distro (10 GB suse dan 10 GB ubuntu).
Kalau selama ini baru puas dengan 100 GB, ya di Linux bakal segitu juga baru
puas.

Adi Nugroho
PT. iNterNUX - Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535/GSM:+62-816-27-9193