- Cygnus - wrote:
> Dear all,
>
> Untuk PTP wireless, produk yang bagus dan tidak terlalu mahal apa ya?
> Kebutuhan sih paling nggak untuk jarak sekitar 20 km dan untuk bandwidth
> sekitar 10 Mbps.

Nah ini problemnya, kamu willing untuk mencoba di band yg lebih exotic
tidak?
Secara de facto 2.4 GHz sudah noisy kalau di kota besar Indonesia. You
will collide with somebody else there. 10Mbps bisa dilupakan saja kalo
masih ngotot di situ. Solusinya adalah pakai Wimax 802.16(a/d) Tapi
sampai saat ini belum jelas pengoperasiannya di band mana, karena spec
asal ada di 10-66 GHz, kemudian varian 802.16a 2-11 GHz. Yg dipakai di
Aceh ada di 3.3 GHz.

Nah kalo sudah setuju dengan pemikiran tersebut, baru dicari alatnya.
Tapi saya juga gak jamin lisensinya kalo tidak dipakai di Aceh
bagaimana, saya kurang tahu