To Soerya, semoga bisa membantu

Bahan :
Kabel UTP yg biasa dipake
Kabel USB extender bawaan wifi (1 m) yg bagus yg ada kabel serabut luarnya,
kalo gak ada serabut luarnya jelek
Setelah kabel USB dipotong terdapat 4 kabel dg 4 warna sbb :
http://pinouts.ws/usb-pinout.html
lakukan penyambungan :
UTP orange, orange belang disatukan konek ke pin +5V USB (kabel merah)
UTP hijau belang konek ke pin - Data USB (kabel putih)
UTP hijau konek ke pin + Data USB (kabel hijau)
UTP biru,biru belang. coklat, coklat belang disatukan konek ke Ground USB
(kabel hitam)
Sambungan bikin yg rapi dg solderan yg bagus
Port USB PC diset USB 1.0 jangan USB 2.0, setting bisa dilakukan via Control
Panel atau pd motherboard tertentu bisa via BIOS
Kalo mau disambung pake Kabel USB Repeater, bisa pake sembarang merk,
sebaiknya pilih yg versi USB 1.0
Demikian selamat experimen
cara lain
Di Windows XP/2000/ME
Klik START - SETTINGS - CONTROL PANEL
Lalu pilih SYSTEM - HARDWARE - DEVICE MANAGER
Terus DISABLE "USB enhanced host controller"
bertrimakasihlah pada e-goen yang juga bantu saya