On Friday 08 June 2007 09:21, Dimas Saputra wrote:
> Beli Licensi WIndows Paket Licensi karena tidak gampang melatih User
> menggunakan Linux dan aplikasinya .. belum lagi merubah standart document
> yang ada Problem User , Hardware dll . perusahan tidak mau buang waktu
> untuk melatih user2 pindah ke linux lebih baik cari Untung sebanyak2nya dan
> kerjaan Operation dengan Baik

Pindah dari Wordstar ke MS Office yang dulu dilakukan banyak dari kita
sebenarnya jauh lebih sulit. MS Office tidak bisa membaca file wordstar.
Tapi akhirnya kita mampu melakukannya.

Sebaliknya, OpenOffice bisa membaca hampir semua file MS Word dan Excel.
Jadi, mestinya tidak susah susah amat.
Sejak 8 tahun yang lalu saya bertukar dokumen dengan rekan rekan pengguna
windows, praktis tanpa banyak masalah berarti.

Penggunaan wordstar ke MS Word, Lotus 123 ke Excel perintahnya sangat berbeda.
Perintah perintah OpenOffice hampir sama dengan MS Office. Jadi kurva
pembelajarannya mestinya jauh lebih singkat.

Pelatihan tetap dibutuhkan, baik untuk menggunakan windows atau linux.
Hanya saja, banyak orang lupa kalau dulu dia pernah belajar komputer.

>   secara bertahap pindah ke Linux bisa setahun kemudian atau 2 tahun , dst

Kalau nunggu tahun depan, feeling saya sih, tahun depan ya nunggu tahun
depannya lagi. dan tahun berikutnya nunggu tahun depannya lagi. Akhirnya gak
jadi jadi, dan terus buang devisa beli sopwer.

Kalau saya pakai cara paling sederhana. Sejak rekrut karyawan, sudah
diwajibkan pakai linux. Jadi tidak perlu migrasi lagi. Mudah dan murah,
hehehe.....

Adi Nugroho
PT. iNterNUX - Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535/GSM:+62-816-27-9193