On Friday 08 June 2007 18:08, Effendy Kho wrote:
> Kalau menurut saya FOSS itu maksudnya Free Software and Opensoure.
> Free and Open Source itu AND, bukan OR, jadi kalau kita bicara FOSS artinya
> harus Free (bebas, bukan free dalam arti gratis) dan salah satu syarat
> kebebasan adalah harus ada source codenya.
> Free Software sendiri tidak sama dengan Opensource ! Nah loh, alias beda
> kubu.

Daripada puyeng soal defenisi free software, saya jadinya lebih senang untuk
tetap menamakan diri "Linux user" sesuai trend tahun 90-an, daripada ikut
trend aat ini menjadi FOSS user :-)

Lebih mudah menjelaskan bahwa "Linux" itu bukan sekedar kernel, karena
mayoritas orang awam toh tidak tahu tentang kernel. Begitupun, pengguna
Windows tentu juga menganggap "Windows" sebagai satu kesatuan lengkap, bukan
sekedar kernelnya doang.

Sebaliknya, kata "free" lebih sulit dijelaskan. Sama sulitnya dengan
menjelaskan apa itu GNU. (Ya, beberapa tahun yang lalu ada gerakan untuk
mengubah nama "Linux user group" menjadi "GNU/Linux user group").

Toh yang penting bukan namanya, tapi semangatnya.

Adi Nugroho
PT. iNterNUX - Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535/GSM:+62-816-27-9193