Nach Caranya Edit GRUB ato LILO itu gimana yach?

----- Original Message ----
From: Adi Nugroho <[EMAIL PROTECTED]>
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, June 12, 2007 8:37:38 AM
Subject: Re: [ITCENTER] Booting (Windows-UBuntu-Mandriva/Open Suse)

On Monday 11 June 2007 11:12, jemmy novy wrote:
> tanya bagaimana caranya booting untuk ketiga OS tersebut. Kalau antara
> linux dengan windows kan GRUB ato LILO nya dah ada, sekarang kalau mau
> tambah satu linux lagi gimana booting GRUB ato LILOnya apakah akan memakai
> linux yang pertama atau memakai linux yang kedua. misalnya sudah terinstal
> Windows dan Ubuntu dan sekarang saya mau menambahkan Open Suse atau
> Mandriva. Bagaimana ya?

Selama OS/Distro yang diinstal belakangan itu cerdas, maka dia akan mengenali
OS/Distro yang di-install sebelumnya.
Contoh,
* kalau kita instal windows, lalu ubuntu, maka si ubuntu akan mengenal
windows.
* Kalau kita instal windows, lalu ubuntu, lalu suse, maka si suse akan
mengenal windows dan ubuntu
* Begitupun kalau kita instal windows, lalu suse, lalu ubuntu, maka si ubuntu
akan mengenal windows dan suse.
* dan seterusnya.

Andaikan gagal dikenali, maka berarti OS/Distro yang diinstal terakhir kurang
cerdas. Kalau mau kerja keras tapi tanpa mikir, coba coba saja dibalik urutan
instalasinya.
Kalau males nginstal ulang, ya kita-nya yang mesti cukup cerdas untuk mengedit
file konfigurasinya si Lilo atau Grub.

Pilihan terserah anda. Kata Tim Towdy, "There is more than one way to do it".

Adi Nugroho
PT. iNterNUX - Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690 Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411- 6109535/GSM: +62-816-27- 9193