Dear Mas Mephri,

setau saya VPN dial itu memungkinkan seseorang di remote location mengakses
VPN/ LAN yang ada di kantor pusatnya melalui koneksi internet. kalau untuk
mengakses data base bisa aja pakai internet di kantor pusat dan dibukain
salah satu IP untuk share data base.

namun kalo untuk ngejalanin salah satu aplikasi di back office dari remote
location (sales, stock dsb), biasanya dipakai vpn (baik itu yang dedicated
ato dial).  untuk vpn dial biasanya di back office disiapin vpn gateway dan
di remote location menggunakan vpn client (setau saya ini banyak yang free
di rumahnya oom google).

satu lagi, kalau ingin menggunakan VPN dial menggunakan ISP (baik itu IPS
besar ato kecil, apalagi GPRS) pastiin dulu di ujungnya menggunakan IP
public.  temen saya ada yang menggunakan vpn dial dari salah satu opearator
untuk menjalankan aplikasi keuangan, tapi karena diujung GPRS nya bukan ip
public, aplikasinya engga jalan, dan ga mau verifikasi.

cmiww
syahnan