  From: Adi Nugroho
  To: ITCENTER@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, June 14, 2007 10:52 AM
  Subject: Re: [ITCENTER] faktor bandwidth ?

  On Thursday 14 June 2007 10:57, Wiempy wrote:
  > Pak Henkie saya mau koreksi dikit. Mengenai CPU, menurut saya
  > tdk terlalu berpengaruh secara significan terhadap kecepatan internet
  > dan proses download yg terjadi. Dulu di kampus saya ada warnet
  > di dlm kampus yg cuma memakai Pentium 1 dgn speed 100 Mhz.

  Kalau buka http://www.tldp.org, http://www.google.com, atau
  http://www.kernel.org yang nyaris text mode, memang tidak terasa bedanya.

  Coba buka detik.com atau website lain yang penuh dengan java dan segala rupa
  animasi serta pernak pernik. Dengan bandwidth 2 Mbps, langsung terasa bedanya
  pentium 100 / 32 MB RAM dan pentium 4 / 1 GB RAM :-)

  Asumsi: semua yang lainnya sama. OS Sama, jenis dan versi browser sama, dst.

  Kalau Pentium 4 pake vista dan Pentium 100 pake Win95, tentu perbandingan
  sudah tidak adil lagi.

  Adi Nugroho
  PT. iNterNUX - Internet Service Provider
  Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
  Tel. +62-411-834690 Fax. +62-411-834691
  CDMA:+62-411-6109535/GSM:+62-816-27-9193