Dear all..

Thanks buat semua yang sudah kasih masukan.
Beberapa waktu yang lalu saya minta masukan cara pembuatan FTP di sini.
Waktu itu FTP bisa diakses dari Jaringan Lokal tetapi tidak bisa diakses dari
luar.

Ternyata router saya yang tidak beres. Internetan sih bisa tapi untuk
ngejalanin service port forwardingnya yang nggak jalan.
Ketahuannya setelah webmail juga tidak bisa diakses dari luar. Setelah saya
ganti routernya dengan type yang sama ( kebetulan punya 2 )
Langsung jalan dan berhasil dengan baik.

Ringkasnya langkah-langkahnya sebagai berikut :
Untuk Under Windows.

1. Install IIS
2. Konfigure IISnya ( Kalau pakai software lain, bukan bawaan windows hal ini
tidak perlu dilakukan )
3. Aktifkan Nat / Port Forwardingnya agar port 20, 21 diarahkan ke komputer
yang dijadikan FTP Server
4. Lebih bagus lagi minta bantuan ISP dimana domain kita terdaftar untuk atur
Recordnya agar ketika orang ketik ftp.abc.com  ( contoh ) lsg diarahkan ke
kita.
Jadi lebih simple.

Sampai di sini FTP sudah dapat berjalan dan dapat diakses dari luar.

Semoga berguna bagi yang membutuhkan.

Salam,
Steph