On Friday 27 July 2007 10:05, Malik wrote:
> Sempat kemarin coba-coba menggunakana htb-gen mengikuti petunjuk dari
> http://bayuart.wordpress.com/2007/03/13/htb-gen-cara-mudah-memanage-bandwid
>th/ namun masih kurang berasa, atau mungkin saya belum benar konfigurasinya.

Sori berat, kalau pake htb-gen, htb-init dan sejenisnya, aku juga belum coba.
Alasannya simpel.
Itu htb sudah mudah sekali.
Jadi kalau pake script jadi, kemungkinan justru tidak sesuai keinginan.
Mending diketik manual satu persatu seperti di lartc.org.
Apalagi kebutuhannya khusus, "Mencekik traffic lain jika ada traffic menuju
port 25 dan 80 DARI luar KE dalam"

Kemungkinan lain, filternya tidak pas. Jadi traffic tidak masuk di class yang
kita inginkan.
Coba di-cek dengan perintah "show", misalnya:
        tc -s -d qdisc show dev eth1
        tc -s -d class show dev eth1
dan sejenisnya.

Kemungkinan lain lagi....
setting bandwidthnya over.
Inga' inga' aliran traffic adalah mengikuti bottleneck terkecil yang ada
sepanjang link kita.

So, Kita harus mengeset "root" kita ke bandwidth sedikit lebih kecil daripada
badwidth terkecil yang kita miliki.
Contoh, kalau bandwdith kita variatif antara 128 kbps hingga 192 kbps, maka
kita set sedikit di bawah 128 kbps. Bisa dicoba coba angka dari 100 Kbps
sampai 110 kbps.

Adi Nugroho
PT. iNterNUX - Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535/GSM:+62-816-27-9193