On 7/29/07, The_Eye_In_The_Sky <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Image persistence ini terjadi pada layar LCD monochrome passive. Kalau
> anda sering menemukan komputer laptop kuno 80286 atau 80386-80486SX,
> anda akan bisa melihat di bagian kiri atas, layar LCD akan ada jejak
> kebiruan, Phoenix BIOS....bla bla, AMB Bios....
> Image persistence ini ciri khasnya adalah warna biru tua di atas
> permukaan hitam.

saya ngga tau apakah itu burn-in atau bukan. saya sendiri belum pernah liat
lcd yg mempunyai kasus burn-in so i won't comment further.
seperti kebanyakan orang, saya tidak percaya lcd bisa mengalami burn-in.
memang ada kasus persistent image, tapi kebanyakan bisa hilang atau
diperbaiki, kalau ngga berarti itu product defect.

http://compreviews.about.com/od/monitors/a/LCDBurnIn.htm

Jaman saya pakai notebook di tahun 1986-1989, top of the line notebook,
> misalkan dari Compaq, yg biasa dipakai oleh engineering job, contoh
> Compaq Portable III, layarnya plasma. Ini karena LCD jaman segitu lambat
> sekali refresh ratenya, sehingga tidak bisa digunakan untuk display
> dynamic picture. Hanya bisa dipakai untuk word processing macam
> WordStart dan spreadsheet macam Lotus 1-2-3  atau VisiCalc.

wah baru tau portable computer dulu pakai layar plasma. jaman 80an saya
masih lebih suka main gundu daripada berkutat di depan pc 8086xt saya yg
ada tombol untuk 'turbo' mode nya. ;p
tapi sepertinya itu ngga masuk kategori laptop. it's a portable computer...