Mohon bantuan dari rekan2 IT yang sudah berpengalaman..

Dikantor saya ada masalah,dimana dijaringan local nya mempunyai sistem semua
PC client menyimpan data didalam server yang dishared.
contoh nya didalam server terdatapat polder2 yang di share dimana fungsinya
setiap pc client bisa membuka dan menyimpan data di dalam folder di server
yg di shared  tsb.
masalah nya adalah minggu2 ini setiap pc client yg ingin menarik atau
menyimpan data di server seperti mengalami Hang,bila itu terjadi maka semua
pc yg sedang konek ke Server seperti mengalami hang ( looding lambat) tetapi
kalau saya ping ke server atau masuk ke server melalui Remote Desktop
Connection bisa masuk ke server dan berjalan lancar,Server tidak Hang.
Dengan catatan Server tidak mengalami hang dan berjalan normal. Hanya
pertukaran data nya saja yg sering macet....

server saya memakai windows server 2003,client XP

untuk pakar2 IT Center tolong minta pencerahan nya donk......
dah seminggu ini pusing blom ketemu masalah nya..