On Thursday 23 August 2007 22:20, r3yzo wrote:
> 1.provider speedy unlimited apakah cukup untuk memulai bisnis ini?

Internet Provider wajib membeli bandwidth dari NAP. Tidak boleh beli dari ISP
lainnya.

> 2.router wifi adsl apakah yg bagus dalam hal security mengingat saa akan
> memfilter mac untuk dalam hal ini, karena kalo diberikan user id dan
> password kadang suka bnyak yg membagi ke teman2nya

Batasi bandwidth per pelanggan. Jadi, kalau ada yang bagi bagi ke teman lain,
dia aja yang melambat, orang lain tidak.

> 3.adakah yg bisa membantu saya dalam menggambarkan kira2 jaringannya
> seperti apa gambaran saya sih kira2 bakalan seperti ini

Gambaran anda sudah tepat.

> 4.adakah software untuk membatasi bandwith(bukan membatasi waktu pemakaian)

Banyak. HTB adalah salah satunya.

> 5.apakah hal2 yang harus saya perhatikan mengingat saya masih baru belajar
> juga

Jangan lupa minta ijin/lisensi ISP.

Jangan sampai, gara gara mau untung dikit, malah kena denda ratusan juta plus
dipenjara bertahun tahun.

Adi Nugroho
PT. iNterNUX - Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535/GSM:+62-816-27-9193