Mungkin kurang pas kalo SQL Injection penanggulangannya dari sisi konektifitas.
Karena makhluk ini
bukan menyerang melalui koneksi, tapi melalui entri data.

Dan bukan menyerang DB Server secara langsung. Tetapi melalui Server yang
sebenarnya yang memiliki
koneksi ke DB Server serta memiliki hak akses.

Misal:
1. User membuka form aseli dari web anda. Dan mengisinya dengan keyboard. Jadi
koneksinya ya tetep
    melalui koneksi yang sebenarnya. Masalahnya adalah user memasukkan
perintah-perintah SQL pada
    form yang telah tersedia. Jadi menyeranganya bukan dari koneksinya.
2. User mengeksekusi secara lokal atau via address bar pada browser perintah
SQLInjection.
    Kalo pada address bar contohnya seperti ini

http://www.websiteanda.com/index.php?p1=datayangbenar&p2=datayangadaSQLInjection&p3=dst

Lebih detilnya bisa dilihat disini http://en.wikipedia.org/wiki/SQL_injection.

Jadi penggunaan firewall, IP restriction, VPN dan DB Listener yang dipassword
bukan solusi untuk
masalah SQL Injection.

Solusinya ada disisi programming. Filterlah SQL Injection sebelum perintah yang
berkaitan dengan DB
Server dieksekusi. Ulasan sederhananya bisa dilihat pada link diatas.

Semoga membantu,
fajr_n