sepakat dengan responnya Wiempy di bawah
Anda (Bambang maksud saya) bisa pake squid untuk pemberian kuota ke
tiap2 user/grup
block file dengan ext. tertentu dan bisa buat report untuk tiap2 user

kalau belum familiar dengan squid, bisa coba baca salah satu buku
terbitan elex media komputindo berjudul :
"Trik mengelola kuota internet bersama dengan Suid", penulisnya Ridwan
Sanjaya

panduannya mudah dimengerti dan bukunya juga gak tebal2 amat

semoga bermanfaat