Mudah Cari Pangkal Prosesnya dengan Proses Monitor. Tentunya anda harus
punya pengetahuan sedikit lebih banyak tentang aplikasi, programming, os,
proses dari sebuah aplikasi, dan banyak hal yang related.

Setelah hal tersebut sekiranya anda dapat penuhi. Yang perlu anda lakukan
karantina komputer anda, untuk mengambil sample object yang akan di analisa
dengan komputer lain yang bersih, nah disinilah anda di tuntut dengan
pengetahuan tersebut, setelah anda tahu virus tersebut berasal dari mana
anda harus mencari tahu impact dari virus tersebut dengan melakukan
penularan terhadap komputer lain. Disini anda akan bermain dengan File
prosess, Registry, Memory, dll. agar komputer anda yang terinfeksi dapat
kembali seperti sedia kala.

Dalam kasus ini, jika anda tidak tahu banyak tentang apa yang harus
dilakukan, lebih baik anda berikan kepada orang yang ahli.
Mirip dengan kasus pasien dan doktor. pasien adalah orang yang mengerti
tentang penyakit dan obat obatan secara umum saja. sedangkan dokter orang
yang mengerti bagaimana tubuh manusia berkerja, obat apa yang tepat dan
tindakan apa yang harus dilakukan.

Saya pernah punya pengalaman terhadap teman saya, nama file virusnya local
virus ini pertama kali tidak terdeteksi oleh  AVG, Norton, bahkan Kasperky.
Dia sudah minta tolong banyak orang komputer dan toko komputer akhirnya dia
datang kepada saya. Dan saya coba cari ternyata virus itu terlihat dengan
tools yang sudah ada yaitu proses monitor. Akhirnya virus itu terlihat
berasal dari mana. Dan impact impactnya, dengan serentetan solusi dan
analisa.

Untuk kasus toko banyak toko toko komputer yang memberikan anti virus tapi
tidak mengupdate engine anti virusnya. yang pada akhirnya tidak dapat
mendeteksi virusnya.  Bagaimana Anti virus dapat mengenali virusnya sangat
tergantung sekali dari engine, tidak hanya yang biasa di update virus
definitionnya.

Semoga dapat membantu.