Sorry ..
ISP kelas teri, emang ada ya ?
License ISPnya apakah mungkin bisa lebih murah ?

:))

Murah bukan berarti tidak bagus.
Mahal juga tidak selamanya identik dengan bagus.

Cisco memang saya akui hebat untuk packet forwardingnya. Jutaan packet
bisa lewat per detiknya tanpa membuat latency naik.
Sedangkan Mikrotik yang base nya Linux, memang bisa mengakibatkan
latencynya naik sedikit akibat overhead processing (CMIIW) ..
Ujung - ujungnya packet yang lewat tidak bisa sebanyak Cisco.

Tapi dilihat dari kebutuhan dan juga budget.
Saya pengguna Mikrotik as Router. Saya juga pengguna Cisco as Router.
Baru aja dateng 7200 gress. Plastiknya masih wangi, buat gantiin Cisco
seri lama.

Pemikiran saya, ISP yang besar, dia gak akan lagi ada 1 Router untuk
Core Backbone Routernya. Pasti ada beberapa yang diimplementasikan
untuk Load Balancing.
Apalagi untuk ISP yang skalanya benar - benar besar, rasanya lebih
dari 1 Router untuk melakukan Multi Peering.
Apabila memang ISP nya besar, rasanya sudah tidak mungkin cuma
mengandalkan satu core router saja. Pasti ada beberapa dan lebih dari
1 jumlahnya.

Otomatis, jutaan packet yang lewat ke router itu menjadi terbagi ke
beberapa router lainnya. Penetrasinya tidak hanya di satu router saja.
Kalau implementasi seperti itu, rasanya Mikrotik juga masih bisa handle.

Bicara mengenai router mana yang cocok, kriteria ISP besar seperti apa
sih ? Apakah identik dengan seluruh Routernya = Cisco karena harus
handle banyak users?

Semua ada keunggulan dan ada kelemahannya masing - masing.
Trust me, untuk skala NAP yang jauh lebih gede dari ISP, packet yang
lewat memang jauh lebih gede dan banyak ketimbang ISP.

Tapi bukan berarti pake Mikrotik tidak cukup. Kalau budget cuma mampu
buat Mikrotik, admin nya lah yang harus pandai pandai menutup
kelemahan si Mikrotik untuk dapat menghasilkan performance yang
maksimum.

Ideologinya mungkin lebih tepat seperti ini:
Anak orang kaya, tiap hari makan bergizi dan makan dengan menu menu
mahal kenapa jadi lebih sering sakit ketimbang anak - anak gelandangan
yang makan tidak jelas ?
Jawabannya, itu karena anak gelandangan lebih peka, bodi tubuhnya bisa
lebih cepat beradaptasi dan bisa lebih menyesuaikan hidup di keadaan
lingkungan buruk.

Dan intinya adalah bagaimana seseorang mampu memaksimalkan potensi
yang ada di dalam dirinya untuk menciptakan sebuah karya yang
maksimal.

So .. masih takutkah anda dengan router murah kemampuan maksimal ?
kalau mau, boleh silahkan main main ketempat saya di Bandung.
Disini ada mikrotik, ada cisco 7200, ada linux slackware as router.
Kalau perlu kita analisa dan bikin perbandingan performancenya aja
sekalian biar puas.

salam ..

- Rio.Martin -