 From: "Thio Agustinus" <[EMAIL PROTECTED]>
 To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
 Sent: Tuesday, 02 October, 2007 2:54 PM
 Subject: [ITCENTER] PC & PABX Jebol (Was : Grounding)

 > Dear all,
 >
 > Seorang teman pernah mencoba menghubungkan PC dengan PABX menggunakan
 > kabel
 > USB. Tujuannya untuk memanage PABX ini via PC. Memang di PABX ada USB
 > output
 > nya. Berhubung kabelnya kurang panjang, jadi dicari kabel extention
 > (perpanjangan) USB yang beli di hypermarket.
 >
 > Begitu disambung, PC dan PABXnya langsung jebol. PC nya rusak Power Supply
 > nya, dan PABX nya juga rusak di powernya.
 >
 > Kira kira kenapa yah? Apakah kabel USB atau extentionnya nya bermasalah
> [...]

 Wpy:
 Coba di lihat di box PABX-nya, apakah ada colokan serial. Saya
 pakai utk lihat aktivitas telp yg dipakai user dgn seizin manajemen
 bisa koq. Panjangnya bisa sampe 25 meter. Di box PABX tsb
 ada colokan Parallel Port. Lalu tinggal tarik kabel saja, jadi di
 komp saya tinggal colok ke serial port. Nantinya klo anda pakai
 Win-XP, ada namanya program Hyper Terminal. Tinggal disetting
 saja disitu. Nanti bakal keliatan extension brp memakai telp berapa
 lama. Selama ini gak pernah masalah koq.

 Salam,
 Wiempy