rh4gh13lz wrote:
> Dear All,
>

> Kantor tempat saya bekerja sedang mencoba untuk migrasi ke Linux, saya ingin
> menanyakan beberapa hal :
> 1. Distro Linux apa yang sebaiknya digunakan untuk perusahaan baik itu untuk
> PC server maupun PC Client ( 15 - 20 PC (Rata-rata Pentium 3 ) ) ?
> 2. Apakah aplikasi yang didevelop dengan VB 6 + CR 10 + SQL 2005 bisa
> dijalankan dengan baik di Linux seperti di Windows ?
> 3. Untuk Database SQL 2005, apakah bisa diinstall dan dijalankan dengan baik
> di Linux ?
> [...]

Pertanyaan seperti diatas akhir-akhir ini makin sering yach.. :-)

1. Server: Ubuntu atau Fedora atau CentOS.
    Client: Ubuntu / Kubuntu
2. SQL 2005 hanya jalan di Windows. Aplikasi VB yang memakai koneksi ke
SQL Server database juga hanya jalan di Windows. Solusinya bikin ulang
dengan bahasa yang di support Linux atau berbasis web seperti PHP dengan
database mysql, postgre, atau Firebird.
3. lihat no 2.
4. Mozilla Thunderbird, Evoluation, KMail.

HTH