Sdr.Emon Sardi, yth.

Untuk database stok barang, minimal ada 2 tabel.
Satu untuk master barang, satu lagi untuk transaksi barang.
Tabel master barang menyimpan data barang.
Tabel transaksi mencatat keluar masuk barang sehingga menghasilkan stok.

Kalau ditanya mengapa tidak dijadikan satu saja, misalnya di tabel transaksi
juga dicatat data barang?
Jawabannya, bila jumlah item barangnya banyak maka tentu tidak efisien
setiap kali transaksi diinputkan nama lengkap barangnya.
Selain itu juga memboroskan space sebab data lengkap barang selalu
diinputkan di tiap tranksaksi.

Lalu jika ditanya lagi, bagaimana kedua tabel di atas saling berhubungan?
Di tabel master barang, tiap item barang dicatat selengkap-lengkapnya 1 x,
lalu diberi no.id yang unik (tidak kembar dengan item barang lainnya).
Di tabel transaksi, untuk mewakili suatu item barang cukup dicatat no.id
bersangkutan.
Jadi bisa dibayangkan berapa space yang dihemat, bukan?

Itu urusan di balik layar alias masalah teknis pembuatan program.
Maksudnya, tentu bukan berarti user harus menghapal no.id tiap item barang.
Saat mau diinputan data transaksi, user diberi pilihan nama item barang.
Jadi yang tampak di layar adalah nama item barang.
Setelah dipilih, nama item barang tersebut akan "dikonversikan" ke tabel
master barang untuk didapatkan no.id-nya.
No.id inilah yang diinputkan ke tabel transaksi.

Bagaimana pendapat anda?
Handoko Luwanto (koleksi karyaku @ www.yuhana.com, last updated 12 Oktober
2007)