Sepengetahuan saya (yang bukan orang IT), proses men download atau juga meng
upload data, sebenarnya sangat bergantung kepada banyak parameter, antara lain
kecepatan komputer, kecepatan transfer data antara komputer dan server yang
terhubung, kecepatan server, lebar jalur yang tersedia untuk setiap
"workstation" server dan lainnya.
Jadi, hal ini bisa dianalogikan seperti pipa, yang kalau diameter pipa antara
satu tempat ke tempat lain, ukuran nya berbeda-beda, maka kecepatan air
maksimum yang bisa di catu, tentunya tergantung dari pipa yang berdiameter
paling kecil.
Kalau komputernya lambat, dengan sendirinya, walaupun sebenarnya data bisa
keluar masuk dengan cepat, namun karena hal tersebut, maka akan terhambat di
komputer tersebut, yaitu saat proses menerima atau mengeluarkan data.
Kalau komputernya cepat, tetapi jaringannya terbatas, maka akan terjadi hal
yang sama.
Demikian juga, kalau komputernya cepat, jaringannya lebar, namun kalau
servernya membatasi lebar jaringan masing-masing "workstation"nya atau jumlah
"workstation" yang saat itu mengakses sangat banyak, pasti akan terjadi hal
yang sama.

Yang bisa di "akal' i adalah kalau komputer cepat, jaringan lebar, server
cepat, jumlah "workstation" banyak, namun masing-masing "workstation" nya
dibatasi lebar jaringannya.  Caranya adalah dengan suatu program akselerasi,
antara lain Download Accelelator Plus, DAP, yang tadinya hanya satu
"workstation", bisa membuka lagi beberapa "workstation".

Salam.