Iyep,

Setidaknya ada 2 langkah untuk memindahkan isi data dari file xml ke
database. Yang pertama mendapatkan data yang ada dalam file xml, selanjutnya
diinsert ke database.

Di kompi gw gak punya oracle. Tapi ada vs.net 2005. Gw coba bantu ngedapetin
datanya, dan di-display ke datagridview.

Pertama tama, seperti kata mas JimBeam, kita gunakan dataset yang akan
ngebaca file xml.

DataSet ds = new DataSet(); /*deklarasikan sebuah dataset*/

ds.ReadXml(txtFile.Text); /*diasumsikan nama file xmlnya ada di textbox
txtFile. Dataset membaca file tersebut*/

dataGridView1.DataSource = ds.Tables[0]; /*Isi file tersebut diletakkan
dalam datatable yang ada dalam dataset. (Dataset itu kumpulan dari beberapa
datatable). Lalu datatable yang udah berisi file dari xml tersebut dijadikan
sumber data/datasource buat datagridview.*/

Nah, terlihat deh di datagridview seperti ini:

Judul | Pengarang

x1 | x1

x2 | x2

Goodluck. Gw bisa sih bantu untuk sampe nginsert ke database. Tapi gw akan
pake access, karena gw ga punya oracle. Coba deh japri ke gw kalo mo
berdiskusi lebih lanjut. Di milis ini gak diperkenankan meng-attach file
(gitu ya kebijakannya?). Jadi gw gak bisa leluasa berdiskusi.

Maaf kalo kurang membantu.

   _____