Gak semua perusahaan sanggup investasi ke s'ware. Apalagi kalau IT
bukan jadi core unit alias tukang servis komputer doang.
S'ware beli ndak dijamin bagus/cocok dan banyak "hidden cost" yg harus
dikeluarkan. Sekali pakai s'ware lisensi akan susah sekali utk ganti,
tul gak? mau ga mau suatu saat harus upgrade, mesti beli AV, CAL
tambahan dll utk dapat beroperasi dengan layak.

buat server habis 3500 USD? kebetulan di client (perusahaan asing lho!
dengan client2 perusahaan yg beromzet triliunan) bikin mail, web dan
file server cuma pakai pentium 3 dengan memory 1GB, online 24 jam
selama 3 tahun anteng2 aja tuh. Total cost hardware dan s'ware gak
sampai 6 jt. TCO gak sampai 30jt/tahun (include maintenance).

Yg penting adalah kegunaan, budget dan penguasaan technology!

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "mas tri" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> saya di kantor pake Windows Small Business Server (Win2003+Exchange).
> yg versi Premium (sudah include lisensi SQL 2005 Workgroup+ISA) kena
> sekitar USD $1000 (5 CAL ?). tergantung mau berapa kuat hardware nya,
> server entry level bisa di dapat di kisaran USD 1500 s.d USD 2000. so,
> kalau mau keringetan dan debuan nginstall sendiri, anggaran awal untuk
> server nya aja (belum bahas jaringan lokal nya), kira kira kira 3500
USD.