Kenapa "HARUS" PHP Java dan SAP?? Justru di posting awal saya tekankan harus
berbeda, jangan ikut-ikutan arus.

Kalau semua orang bisa menguasai PHP, sedangkan pasar untuk programmer ASP
masih tersedia, kenapa nggak belajar ASP saja, karena dengan effort yang
relatif sama, relatif lebih mudah mendapatkan pekerjaan

Sorry, contoh saya ini tidak menganjurkan anda belajar ASP atau ASP lebih
bagus atau lebih payah daripada PHP. Ini hanya contoh bagaimana pola pikir
'berbeda'

Intinya adalah, kuasai apa yang tidak bisa dikuasai orang lain.

Menguasai PHP boleh saja, tapi anda harus punya sesuatu yang lain daripada
yang lain, yang membuat anda lebih bersinar daripada pelamar yang lain..

yang bisa membuat anda dipilih oleh IT Manager dan HRD manager suatu
perusahaan.

Hari Minggu yang lalu saya bertemu seorang teman kuliah, member milis ini
juga. Kerjaannya 'masih' coding COBOL di sebuah bank terkemuka. Ya ampun...
itu bahasa yang saya pelajari waktu kuliah semester 1-3 15 tahun yang lalu
(yaiksss. tua bener gue) Bahkan saya sudah hampir lupa ada bahasa
programming itu. Ternyata masih digunakan di perbankan dan saya yakin hanya
sedikit yang menguasai bahasa tersebut. Toh teman saya itu bertahan hidup
dengan nyaman, dan tidak ada rencana untuk lepas dari coding.... dan yang
dia kuasai jauh sekali hubungannya dengan PHP, Java dan SAP (tapi nggak tau
juga kalau COBOL sekarang sudah nggak jauh-jauh dari Java dan SAP)

Thio

  _____