From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf
Of Albert Siagian
Sent: Thursday, January 03, 2008 9:10 AM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: Re: [ITCENTER] Virus yg nyerang DBF

Sunarta - wrote:
> Saya mohon bantuan sobat-sobat, komputerku ada vir aneh yg ngrusak file
dbf, sehingga file-file dbf jika dibuka keluar pesan 'not a valid database'.
Ada yang tau antivir-nya gak??? Trims atas bantuannya.

Yakin itu virus? Sudah berapa lama anda pakai DBF? Error "Not a valid
database" itu sudah ada sejak jaman dBase, FoxBase, FoxPro dan xBase
lainnya, 20 tahun lalu. Penyakitnya cuma satu, database corrupt.
Solusinya ada dua, restore dari backup atau buka file DBF pakai HEX
editor dan ganti beberapa byte.

Jadi bukan virusnya yang aneh, tapi anda yang aneh, data penting kok
ngga pernah dibackup.

Salam
Albert