=======================================
Saya ada pengalaman dengan migrasi Linux..
saat ini tempat perusahaan saya bekerja sedang
migrasi ke linux dan dalam proses finishing:
Ternyata banyak hal yang kudu dipersiapkan jika
kita mau migrasi ke linux,dan menurut pengalaman saya adalah:
1.Apakah sistem informasi/ERP perusahaan kita menggunakan/tidak komponen
windows.
  -Hal ini disebabkan kita akan sangat kesulitan   untuk menemukan komponen itu
di Linux.

2.Aplikasi Sistem informasi sebaiknya berupa full *.exe yang komponen2nya bisa
dibuat sendiri pada saat
aplikasi tersbut load.
3.Perhatikan database sistem informasi,apakah dia bisa jalan dilinux? misal mau
pake Server Linux yang pasti gak mungkin pake MSSQL Server/MS Access..kalopun
pake yang bisa underlinux juga harus disamakan versinya..misal pake MySQL ya
kudu sama diversi linuxnya.. karena ketidaksamaan versi bakal berdampak buruk
pada saat kita nge-DUMP database.

3.Kesiapan User untuk Migrasi, ini adalah tugas berat Technical Support,karena
dia harus bersabar mengajari
tiap hari kadang untuk hal-hal yang sama.

4.Sebelum migrasi semua,cobalah disatu PC,karena varian linux itu banyak,maka
cobalah satu per satu.
Pengalaman saya adalah saya mencoba 4 versi Debian yaitu,
      - Ubuntu : Gagal karena GNOMEnya berat utk PC Standar
      - Mint : Bagus secara GUI tapi berat jalannya.
      - Xubuntu: Lumayan enteng karena pake SVcE tapi ada kelemahannya,jika
kita punya customized application dimana ada form yang eventnya always on
top,dia bakal ngunci form dibelakangnya.

Finally pilihan saya jatuh kepada KUBUNTU 6.06 LTS
lumayan stabil,enteng,GUInya menarik..dan saya pakai..

Ya cudah itu sharing saya mengenai migrasi Linux..

regards,

dennio

bung parlin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                               Salam,

 Kalo menurut saya, memaksimalkan tenaga karyawan yang mempunyai keahlian
 lebih tepat daripada
 menggunakan konsultan, disamping bisa mengurangi pengeluaran perusahaan
 tersebut dan juga
 memberikan motivasi yang kuat kepada karyawannya.