CAL bukan masalah, itu hanya untuk license manager saja.

Coba cek apakah ada virus. saya pernah membantu teman instal domain server
on dell server.

Tiba tiba lambat  setelah saya cek server di install buat chatting, dan
masuk virus lewar chatting.

Setelah di clean uptidak lambat lagi.

Dan cek apakah ada faktor lain.